Soal Latihan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

Studi kasus :
Seorang perempuan umur 50 tahun berkunjung ke klinik untuk pertama kali, keluhan utama adalah perut sakit dan kaki bengkak. Wanita ini menjelaskan bahwa nyeri tersebut berupa rasa pedih pada satu tempat dan semakin sering dalam 2 minggu terakhir. Seminggu sebelum datang ke klinik dia telah mulai menggunakan maalox (antasida aluminium/magnesium hidroksida) yang pada awalnya menolong, tetapi rasa nyeri tetap terasa dan tidak lama kemudian kaki mulai bengkak. Dulu pernah mengalami penyakit yang didiagnosis dokter sebagai gagal jantung kongestif dan artritis rematoid. Pemeriksaan sendi tidak menunjukkan tanda-tanda khusus kecuali sendi-sendi tangan artritik dan udema pada punggung kaki. Pertanyaan selanjutnya menunjukkan adanya episode nafas pendek dan kelelahan yang meningkat. Obat yang sedang digunakan yaitu digoksin, ibuprofen, maalox dan furosemid (lasix) dikatakan juga dia mendengar bahwa aspirin mungkin obat yang berguna untuk jantung, sehingga dia mulai menggunakan dua tablet sehari untuk kondisi jantungnya. Oleh dokter ibu tersebut diberikan obat golongan antagonis reseptor H 2.

1. Berdasarkan informasi yang diberikan di atas, obat apa yang menyebabkan nyeri lambung? Apa yang anda sarankan untuk mengurangi nyeri lambung tersebut ?
2. Mengapa dokter meresepkan obat golongan antagonis reseptor H 2 ? sebutkan contoh obat tersebut dan bagaimana mekanisme kerjanya?

3. Mengapa bisa timbul bengkak ? Apa kegunaan furosemida dan digoksin ?

4. Antifungi digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh jamur, jelaskan antifungi yang digunakan untuk pengobatan infeksi sistemik dan topikal ?

5. Diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin, jelaskan penggolongan obat-obat diuretik !

6. Jelaskan penggolongan obat-obatan menurut Permenkes RI No. 949/Menkes/Per/VI/2000 beserta penandaannya.

Seorang pria gemuk umur 57 tahun dengan riwayat asma ringan dan hipertensi datang ke klinik untuk suntikan vaksin flu dan pemeriksaan fisik tahunan. Dokter memperhatikan bahwa pasien ini menggunakan hidroklortiazid 8 bulan sebelumnya untuk pengobatan tekanan darah. Selama pemeriksaan pasien mengeluh kram dan lesu yang berkepanjangan selama bulan-bulan terakhir. Data tes laboratorium yang dilakukan 8 sebelumnya berada dalam batas-batas normal. Pemeriksaan fisik menunjukkan tekanan darah 150/95 mm Hg.

7. Apa yang menyebabkan pasien mengeluh keletihan dan kram otot? Mengapa bisa terjadi kram otot ? Obat apa yang harus diberikan untuk mengurangi kram otot..?

8. Dokter menyadari bahwa pengobatan hipertensi tidak bekerja, obat antihipertensi tambahan mana yang akan menguntungkan pasien : apakah ACE inhibitor, nitrogliserin, beta bloker, klonidin atau hidralazin, mengapa ?

9. Jelaskan penggunaan obat yang rasional ? jelaskan obat-obatan yang sering tidak digunakan secara rasional.

10. Jelaskan obat-obat hematinika dan hemostatika.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.848 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: