Medication Compliance

pillsYang dimaksud dengan medication compliance adalah mengkonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan kepada Anda pada waktu dan dosis yang tepat. Pengobatan hanya akan efektif apabila Anda mematuhi aturan dalam penggunaan obat.

Misalnya, apabila apoteker atau dokter Anda meresepkan antibiotic yang diminum 3 kali sehari tiap kapsul/tablet, maka pastikan Anda mengkonsumsi antibiotic tersebut tiap 8 jam satu kapsul/tablet. Apabila ada anjuran untuk menghabiskan obat tersebut, maka Anda harus mengkonsumsi obat tersebut sampai habis.

Ada beberapa tips yang dapat kami sarankan untuk membantu Anda mengkonsumsi obat tepat pada waktunya, seperti :

1. Menyesuaikan waktu minum obat dengan rutinitas Anda sehari-hari, misalnya pada pagi hari saat sarapan, siang hari saat makan siang, malam hari saat makan malam atau sebelum tidur.

2. Pasang alarm pada jam-jam yang sama untuk mengingatkan Anda minum obat tepat pada waktunya.

3. Gunakan pot-pot obat atau kantung-kantung obat dan isi dengan obat-obat yang harus diminum pada waktu yang sama, lalu beri label. Misalnya, apabila Anda mendapat resep obat seperti :

• Obat A : 3 kali sehari satu tablet

• Obat B : 2 kali sehari satu kapsul

• Obat C : 3 kali sehari satu tablet

Maka, masukkan ke dalam kantung obat:

• Kantung 1 : 1 tablet A + 1 kapsul B + 1 tablet C, beri label PAGI

• Kantung 2 : 1 tablet A dan 1 tablet B, beri label SIANG

• Kantung 3 : 1 tablet A + 1 kapsul B + 1 tablet C, beri label MALAM

Dan seterusnya sampai semua obat terbagi sesuai waktu penggunaannya. Lalu simpan kantung-kantung tersebut dalam wadah yang mudah Anda jangkau ataupun Anda ketahui dengan tepat, misalnya di meja sebelah tempat tidur Anda.

4. Penting untuk menyimpan obat-obatan yang harus Anda konsumsi di tempat yang Anda ketahui secara pasti, supaya Anda tidak harus menghabiskan waktu mencari-cari saat datangnya waktu minum obat.

Yang terpenting adalah jangan pernah menghentikan penggunaan obat atas keinginan Anda sendiri karena Anda merasa baikan. Pada kebanyakan kasus, penghentian pengobatan atas keinginan sendiri hanya akan menyebabkan Anda menderita sakit yang lebih parah di kemudian hari. Tanyakan apoteker atau dokter Anda apabila Anda memiliki berbagai pertanyaan tentang obat yang harus Anda minum.

Dan jika Anda punya kesulitan mengingat waktu pengobatan atau Anda ketinggalan beberapa dosis, sebaiknya bicarakan dengan apoteker atau dokter Anda. Apoteker atau Dokter kemungkinan dapat membantu menyederhanakan regimen pengobatan (jumlah obat yang harus diminum) atau menyarankan metode lain untuk membantu Anda mengingat waktu pengobatan Anda. Terakhir, jangan pernah menyembunyikan ketidakpatuhan Anda dari Apoteker, dokter atau orang yang merawat Anda.

Sumber  : ISFI Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: